Ruang Tanya-Jawab

-under construction-

image

Pada Ruang Tanya-Jawab ini adalah kesempatan bagi anda yang ingin menanyakan segala hal berkenaan dengan hukum.

(Syarat dan ketentuan berlaku)

Kami persilahkan untuk mengisi form kotak ‘LEAVE A REPLY’ pada bagian bawah halaman ini, maka kami akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan anda dengan memposting di halaman ini pada Ruang Tanya Jawab.

Syarat dan ketentuan dalam Ruang Tanya-Jawab ini:

  1. Ruang Tanya-Jawab ini tidak bersifat komersil, jawaban hanya diberikan sebagai pengetahuan umum dan/atau diskusi saja;
  2. Jawaban yang diberikan sifatnya sederhana dan tidak secara detil dan bukanlah suatu pendapat hukum atau nasehat hukum, tidak bersifat mengikat sebagaimana layaknya pendapat hukum yang diberikan oleh seorang konsultan hukum, sehingga tidak ada perikatan hubungan melalui blog ini dan sifatnya tidak rahasia;
  3. Jawaban yang diberikan tidak dapat digunakan baik di dalam maupun di luar pengadilan terhadap perkara/masalah hukum yang ada;
  4. Untuk pendapat hukum yang resmi adalah bukan disediakan pada blog ini melainkan diberikan secara terpisah dengan segala kesepakatan dan ketentuan yang akan diatur para pihak atau diberikan oleh konsultan hukum yang berkompeten;
  5. Kami berhak untuk mengelola termasuk namun tidak terbatas untuk menolak, menghapus, menerima, mengubah, meng-edit, memposting-ulang segala sesuatu yang anda dalam Ruang Tanya-Jawab ini, dengan menjaga kerahasiaan pribadi (apabila ada) dimana memang dituangkan secara jelas dan tegas dalam Ruang Tanya-Jawab ini;
  6. Segala ketentuan dalam Ruang Tanya Jawab ini dapat berubah dari waktu ke waktu.
  7. Apabila anda telah mengisi form kotak ‘LEAVE A REPLY’ dan klik ‘POST COMMENT’ pada bagian bawah halaman ini, maka anda telah mengerti dan setuju dengan segala ketentuan yang ada dalam Ruang Tanya Jawab ini.
  1. gregorius
    12/12/2012 at 3:22 pm

    Saya mau tanya mengenai kontrak pekerjaan tanpa materai. saya punya kasus,

    2 tahun kontrak kerja, dengan 6 bulan pertama mengikuti pelatihan, dan setelah itu baru diangkat jadi pegawai tetap. tapi seiring dengan waktu berjalan, ternyata saat OJT (On The Job Training), perusahaan menempatkan saya tidak sesuai dengan bidang dan minat dari saya, sehingga saya mendapatkan tekanan.

    ikatan dinas yang diberikan 2 tahun sejak perjanjian ditandatangani dengan pinalty sebesar 24 juta harus dibayar jika keluar sebelum waktunya, dan status IJAZAH saya ditahan waktu itu.

    apabila saya ingin keluar, apakah perlu saya membayar penalty tersebut? dan apakah pihak perusahaan dapat menuntut saya dipengadilan apabila saya tidak membayar penalty tersebut?

    karena setelah 6 bulan ini, banyak hal-hal yang menyimpang dari perjanjian, seperti masa training tersebut tidaklah 6 bulan, tetapi 7 bulan. tidak sesuai dengan surat perjanjian.

    dan apabila saya harus bayar, bolehkah saya mencicil sesuai kemampuan?karena diperjanjian tersebut tidak dijelaskan mengenai Term of Payment, dan jumlah cicilannya.

    karena yang saya tahu, apabila perjanjian diatas Rp 1 juta, harus menggunakan Materai untuk membuat sah perjanjian tersebut.

    terima kasih atas perhatiannya.

  2. indra
    27/12/2012 at 6:30 pm

    saya mau tanya,apakah perjanjian kerja sama kuatnya dengan SK pengangkatan?dan apakah sah kalau perjanjian kerja itu tidak ada stempel perusahaan?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: